Analisis Antarmuka Pengguna
analisis antarmuka pada pengguna merupakan kegiatan yang dimana mengharuskan pengembang aplikasi atau perangkat lunak membuat antarmuka sesuai dengan yang dipesan oleh pengguna nantinya.
Beberapa objektif analisis antarmuka pada perangkat lunak pengguna antara lain :
- Memperhatikan akan kebutuhan serta kemampuan dari pengguna, dalam artian membuat antarmuka yang mudah dipahami/bersahabat.
- Konsistensi antarmuka yang akan dipergunakan dalam sebuah sistem yang dapat ditinjau, terutama konsistensi subsistem serta subsistem yang lain.
- memiliki fasilitas Help (untuk mengurus pesan eror dan recovery).
- Minimal surprise, dalam artian pengguna tidak perlu dikagetkan lagi oleh behaviour sistem.
baca Juga :
adapun Jenis interaksi antarmuka antara lain :
1. Antarmuka pada Perintah
Input dengan memberikan sebuah perintah diketik Serta membangkitkan aksi (seperti query, inisiasi, proses, panggil perintah lain, lainnya). menggunakan masukan sekelas melalui mesin ketik.Keuntungan :
Kerugian :
- Antarmukanya sangat sederhana.
- Tampilan dari alpha serta numerik mudah.
- Banyaknya sebuah teknik pemrosesan pada bahasa.
- menggabungkan perintah, sederhana serta mudah dilakukan pengembangan.
- Usaha type command atau pengetikan efeknya bagus.
Kerugian :
- Pengguna harus mempelajari bahasa command.
- besar Kemungkinan incorrect input atau salah ketik lebih besar.
- Selalu membutuhkan keyboard.
2. Antarmuka pada Metapor
Grafik atau gambar yang merepresentasikan entitas sebuah sistem sedemikian rupa sehingga dapat disamakan dengan pemakaian sistem dengan familiar. seperti Contoh, Control panel dalam sebuah perancangan mempunyai entitas tombol.3. Antarmuka pada Menu
Pengguna berhak memilih dari salah satu sejumlah menu yang tersedia agar dapat menjalankan sebuah perintah pada komputer. Pemilihan menggunakan mouse serta peralatan yang bisa penunjuk lain.Keuntungan :
- Pemakai tidak perlu menghapal dari nama perintah yang ada.
- Usaha dari pengetikan jadi sangat minimal.
- Beberapa kondisi kesalahan pada pemakai dapat terselesaikan dan dihindari, seperti halnya kesalahan sintaks perintah jarang terjadi.
4. Antarmuka pada WIMP (Window, Icons, Menu, serta Pointing)
Mempunyai kemudahan sebuah fasilitas pemakaian kepada pengguna yang bervariasi, sehingga dapat memberikan gambaran interaksi antara manusia dan komputer secara bersahabat.Sekian dulu dari admin, semoga materi Analisis Antarmuka Pada Pengguna ini dapat bermanfaat bagi para pembaca maupun dalam mengerjakan tugas. Terimakasih yang sudah berkunjung dan jangan lupa mampir lagi ya :)